By

Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia

Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia adalah singkatan from Damri. Buslover akan membahas mengenai sejarah dan cerita mengenai berdirinya perusahaan bus di indonesia yaitu damri, singkatan dari damri ada di tulisan sebelum ini kawan, damri adalah salah satu badan usaha milik negara,  dan berikut adalah sejarah perusahaan otobus damri indonnesia.

perum damri indonesia 300x225 Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia

DAMRI adalah kepanjangan dari Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia yang dibentuk berdasarkan Makloemat Kementerian Perhubungan RI No.01/DAMRI/46 tanggal 25 November 1946

dengan tugas utama menyelenggarakan angkutan orang dan barang diatas jalan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Dalam perkembangan selanjutnya sebagai Perusahaan Umum (Perum), nama DAMRI tetap di abadikan sebagai brand mark dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang hingga saat ini masih tetap konsisten menjalankan tugasnya sebagai salah satu service provider angkutan orang dan barang dengan menggunakan bus dan truk. Hingga saat ini, DAMRI memiliki jaringan pelayanan tersebar hampir diseluruh wilayah Republik Indonesia. Dalam kegiatan usahanya DAMRI menyelenggarakan pelayanan angkutan perkotaan, angkutan antar kota, angkutan khusus bandara, angkutan travel,angkutan paket (logistic), angkutan keperintisan dan angkutan lintas batas negara.

Khusus pada pelayanan angkutan lintas batas negara yang diawali dengan pembukaan trayek Pontianak- Kuching (Malaysia) beberapa tahun lalu, terhitung mulai tanggal 26 Oktober 2008 telah merambah sampai ke Brunei Darussalam ( Pontianak-Kuching-Brunei Darussalam). Dalam waktu dekat akan segera disusul dengan pembukaan pelayanan Ke Papua Nugini (Jayapura-Vanimo) dan Timor Leste (Kupang-Dili). Situs ini menyampaikan informasi seputar DAMRI sebagai korporasi milik bangsa yang disampaikan secara singkat. Apabila diperlukan informasi tentang DAMRI lebih mendalam dapat diakses pada setiap jenis layanan (untuk sementara baru tersedia informasi tentang angkutan logistik dan angkutan antarkota (Stasiun Bandar Lampung)).

Tahun 1945, setelah Indonesia merdeka, dibawa pengelolaan Kementrian Perhoeboengan RI, JAWA UNYU ZIGYOSHA berubah nama menjadi “Djawatan Pengangkoetan” untuk angkutan barang dan ZIDOSHA SOKYOKU beralih menjadi “Djawatan Angkutan Darat” untuk angkutan penumpang.

25 November 1946, kedua jawatan itu digabungkan berdasarkan Makloemat Menteri Perhoeboengan RI No.01/DAM/46 dibentuklah “Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia”, disingkat DAMRI, dengan tugas utama menyelenggarakan pengangkutan darat dengan bus, truk, dan angkutan bermotor lainnya.

Tugas ini pulalah yang menjadikan semangat “Kesejarahan” DAMRI yang telah memainkan peranan aktif dalam kiprah perjuangan mempertahankan kemerdekaan melawan agresi Belanda di Jawa.

Tahun 1961, terjadi peralihan status DAMRI menjadi Badan Pimpinan Umum Perusahaan Negara (BPUPN) berdasarkan PP No.233 Tahun 1961, yang kemudian pada tahun 1965 BPUPN dihapus dan DAMRI ditetapkan menjadi Perusahaan Negara (PN).

Tahun 1982, DAMRI beralih status menjadi Perusahaan Umum (PERUM) berdasarkan PP No.30 Tahun 1984, selnajutnya dengan PP No. 31 Tahun 2002, hingga saat ini. Dimana PERUM DAMRI diberi tugas dan wewenang untuk menyelenggarakan jasa angkutan umum untuk penumpang dan atau barang di atas jalan dengan kendaraan bermotor.

itulah sejarah singkat dari perum damri yang merintis angkutan tranportasi indonesia. Buslover mengoleksi photo bus from argentina, berikut wallpapaer bus from argentinaCONDOR ESTRELLA image buses 300x168 Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik IndonesiaOther Post :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms:

  • bis damri
  • Sejarah bus damri
  • loket bus rajawali medan
  • po sinar jaya bus tingkat
  • data-perusahaan damri
  • singkatan Damri
  • bus milik negara
  • bus kurnia dua tingkat
  • bus irma sofyan
  • Bis mania cv makmur

One Response to Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia

  1. Gino says:

    Dear Bus Lovers, as foreigner im not used to see transport in the hands of privates. In this country society is working badly because there is a very weak planning in pubblic transports. Is probably true that Japan is pushing Jakarta with every mean to continue the USA policy of Auto-Bus(private)and airplane, today we know is crazy and without future. The indo archipelago is overpopulated, mountain and with an average of bad driving habits, equal a catastrophic transport policy already abandoned in all rich asian country and now also relatively poor like Thailand. But Indonesia is still doing a large and extensive damage to population, economy and environment because of the crazy selling of cars and motorbikes.
    Thank you for your kind attention, I’d like to ask if you know an address of DAMRI BUS on the internet or postal of the main office in Jakarta, Thank you Gino from Italy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also likeclose