By

Pentingkah Pintu Driver pada Bus ???

Buslover ~ Malam sebelum tidur, kebetulan baca di facebook bismania community, ada yang membahas mengenai perlukah pintu bagi supir bus ??? Tema ini menarik menurut saya, saya juga berfikir akhir2 ini kok pintu bus yang keluaran terbaru rata2 ndak ada pintu untuk keluar driver ya ??? emang sih lebih bagus dan rampin bus tersebut, tetapi saya beberapa x menggunakan bus dari jawa tengah ke jawa timur, sopir bus mau masuk ke bagaian driver tuh keliatanya susah dan repot gitu, lewat sama kita masuk ke bus, keliatan gak keren gitu, ya tapi pendapat orang beda beda sih gan, monggo koment saja pendapat agan semua ,,,, dan di bawah ini ane copas dari forum fb busmania.
Topik mengenai pintu driver selalu menjadi bahan diskusi yg menarik karena menimbulkan pro dan kontra.pentingnya pintu bus bagi driver 225x300 Pentingkah Pintu Driver pada Bus ???

Dasar peniadaan pintu driver ini adalah Surat Dirjen Perhubungan Darat No. AJ.403/4/14/DRJD/2007 tanggal 5 Mei 2007 yang ditujukan kepada :
1. Ketua Umum DPP ASKARINDO (Asosiasi Karoseri Indonesia)
2. Para Pimpinan Perusahaan Karoseri
Surat tersebut ditembuskan kepada Kepala Dinas Perhubungan/LLAJ Propinsi Seluruh Indonesia.

Isi surat tersebut adalah :

1. Dalam rangka meningkatkan bentuk tanggung jawab pengemudi bus dalam mengemudikan kendaraannya sehingga dapat meningkatkan keselamatan dan keamanan penumpang, dengan ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut :

a. Dalam konstruksi rancang bangun dan rekayasa kendaraan bermotor dengan peruntukan sebagai mobil bus, pintu keluar bagi pengemudi ditiadakan dan keberadaan tempat keluar darurat (pintu dan/atau jendela) harus dimaksimalkan;

b. Pintu penumpang yang menggunakan sistem hidrolis untuk buka tutup harus dapat dibuka baik dari dalam maupun luar pada saat sistem hidrolis tersebut tidak berfungsi.

2. Sehubungan dengan hal tersebut di atas, diharapkan Saudara dapat membantu mensosialisasikannya kepada anggota dan kedepan diharapkan setiap mobil bus produksi perusahaan-perusahaan karoseri telah melaksanakan ketentuan sebagaimana dimaksud.

3. Demikian disampaikan untuk menjadi perhatian dan atas kerjasamanya diucapkan terima kasih.
Pertanyaannya, seberapa efektifkah himbauan Dirjen Perhubungan Darat tersebut? Karena faktanya bis-bis keluaran terbaru ada yang mengikuti himbauan tersebut, tapi ada juga yang tidak. Ini artinya jelas terlihat bahwa sebenarnya keberadaan pintu driver masih dibutuhkan. Masih banyak PO yang memilih tetap memakai pintu driver, padahal dengan memakai pintu tersebut PO pasti menanggung tambahan biaya pembuatan pintu driver (karena harga standar dari karoseri adalah tanpa pintu driver). Dan bukan rahasia umum, bahwa untuk pengurusan kir juga harus mengeluarkan “biaya siluman” ke oknum petugas sebagai kompensasi pemakaian pintu driver. sumber facebook bismania

pixel Pentingkah Pintu Driver pada Bus ???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also likeclose