By

Volvo Hybrid

volvo 7700 hybrid 2008 6 300x200 Volvo HybridMinggu ini saya bangu di pagi hari, iseng browsing di internet dan ternyata menemukan artikel untuk pengetahuan bagi para buslovers, kali ini saya dapat tulisan ini dari bismania[dot]com. Artikel ini berisikan tentang hematnya bahan bakar yang menggunakan mesin hybrid, kali ini buses volvo yang sudah menggunakan bahan bakar hybrid, untuk lebih jelas mari kita simak tulisan mengenai volvo hybrid : Perusahaan bus asal Eropa ini kini kembali memberikan gebrakan terbarunya. Versi terbaru dari bus hybrid Volvo menunjukan angka hingga 37% lebih irit bahan bakar. Hal ini jauh lebih baik dari yang diharapkan oleh para pelanggan dan para ahli Volvo beberapa tahun lalu. Ketika Volvo Bus mulai melakukan pengujian terhadap bus hybrid tahun 2007, perusahaan menargetkan penghematan bahan bakar akan mencapai sekitar 25 persen dibandingkan dengan bus diesel yang sejenis untuk pengoperasian dalam kota. Ketika bus hybrid komersial pertama dibangun dan diluncurkan dua tahun kemudian, konsumsi bahan bakar sekitar 35 persen lebih rendah. Sejak saat itu konsumsi bahan bakar bus hybrid baru semakin menurun, hal itu di lakukan dengan menurunkan berat kendaraan dan penggerak listrik untuk beberapa sistem tambahan.

“Data Bahan bakar dari 260 bus hybrid Volvo yang sudah beroperasi di seluruh dunia menunjukkan realitas yang melampaui perhitungan kita. Pada saat yang sama kami terus mengembangkan teknologi untuk efisiensi bahan bakar lebih baik dan emisi lebih rendah, “kata Edward Jobson, Lingkungan Manager di Bus Volvo.

Ekonomi bahan bakar dan tanggung jawab lingkungan

Salah satu perusahaan transportasi terbesar di Luxemburg, Sales-Lentz, menerima penyerahan Volvo hybrid pertama di tahun 2009 dan sekarang mengoperasikan total sebelas bus hybrid, yang beroperasi baik di dalam kota maupun untuk angkutan luar kota. Tambahan dua Volvo Hybrid akan dikirim pada bulan September 2012. Perusahaan membuatan catatan menyeluruh dari biaya operasional dan mencatat bahwa bus hybrida lebih dari yang diharapkan sebelumnya.

“Konsumsi bahan bakar Volvo hybrid rata-rata 25,7 litres/100 kilometer, yang merupakan hasil yang sangat baik. Bus tersebut juga memberikan dampak positif pada lingkungan, yang sangat di apresiasi oleh para pengemudi dan penumpang, “kata Jos Sales, CEO Sales-Lentz.

Sistem Tambahan Tenaga Listrik

Bus hybrid Volvo didorong sepenuhnya oleh sistem elektrik, dari mulai jalan hingga 15-20 km / jam. Pada kecepatan tinggi, bus diaktifkan oleh mesin 4-silinder diesel kecil yang dapat beroperasi dalam kondisi yang optimal dalam sebuah band rev sempit. Energi yang dihasilkan selama mesin berhenti disimpan dalam baterai bus dan digunakan untuk daya motor listrik kendaraan dan berbagai sistem tambahan. Pemilihan gearchanging sistem juga membantu pemangkasan konsumsi bahan bakar. Bus hybrid Volvo dilengkapi dengan I-Shift, yang menghasilkan kerugian energi yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan transmisi otomatis konvensional. Ketika bus berhenti di halte atau lampu lalu lintas, mesin diesel mati dan semua sistem tambahan seperti pintu, power steering dan sebagainya didukung oleh sistem elektrik.

Versi terbaru dari bus hybrid Volvo beratnya sekitar 500 kg lebih ringan dari sebelumnya. Ini berarti dapat membawa sebanyak tujuh penumpang, meningkatkan produktivitas kendaraan sebesar delapan persen. Itu berati sebanyak 112 Volvo Hybrid dapat mengangkut penumpang sama seperti 130 bus diesel.

“Pengalaman kami selama ini menunjukkan bahwa solusi bus hybrid kami sesuai yang diharapkan dan jauh lebih baik dibandingkan dengan bus diesel yang sejenis, bus hybrid ini mengeluarkan emisi 30 sampai 40 persen lebih rendah dalam menghasilkan karbon dioksida serta setengah nitrogen oksida dan partikel lainnya. Terlebih lagi, bus hybrid ini jauh lebih senyap, “kata Edward Jobson.

Plug-in hybrid hemat hingga 60%

Sambil terus mengoptimalkan teknologi hybrid di bus saat ini, Volvo Bus juga menguji berbagai solusi tambahan seperti plug-in hybrid, di mana baterai bus yang diisi ulang melalui jaringan listrik utama. Dengan sistem ini, penghematan bahan bakar hingga 60 persen dapat memungkinkan. Sejak Volvo Bus mulai membangun bus hibrida tahun 2010, perusahaan telah menjual lebih dari 650 unit kepada pelanggan di 18 negara. Hal ini menjadikan Volvo sebagai produsen bus hybrid terkemuka di Eropa.

Bagaimana rekan buslovers tentang volvo hybrid, mungkin ingin mencoba dan menaikinya rekan ???  semoga volvo hybrid bisa cepat ke indonesia ;p

pixel Volvo Hybrid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also likeclose